Pengaruh Harga dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Menggunakan Online Travel Agent di Daima Hotel Padang

Studi Kasus Traveloka

Authors

  • Haris Ramadhan Universitas Negeri Padang
  • Feri Ferdian Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61132/jutrabidi.v1i5.308

Keywords:

Price, Trust, Booking Decision

Abstract

This analysis examines how price and trust influence the decision to book a room through online travel agencies in Daima Hotel Padang (Traveloka case study). with two independent variables consisting of price and trust, and the dependent variable consisting of the booking decision. This research is quantitative and uses a causal-associative approach. The sample consists of 194 respondents and a Likert scale was used for data collection. SEM-PLS 3 as data analysis. The hypotheses showed that ordering decision has no significant effect on price, with a t-statistic of 1.740 < 1.96 and a p-value of 0.083 > 0.05. On the other hand, ordering decision has a significant effect on trust, with a t-statistic of 5.922 > 1.96 and a p-value of 0.000 < 0.05.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhamdi, R. (2023). Pengaruh online review dan harga terhadap keputusan pemesanan kamar hotel di online travel agent (Studi kasus Kota Batam). Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(2), 63–70. https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.63-70

Arwiedya, M. R. (2011). Analisis pengaruh harga, jenis media promosi, risiko kinerja, dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian via internet pada toko online. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Bangun, J. I., Normi, S., Siregar, S., & Silalahi, S. P. R. (2023). Pengaruh lokasi, harga, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan menginap di Hotel Oyo 559 3 Brastagi, Kabupaten Karo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Methofema, 1(1), 12–24. https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methofema/article/view/1844

Chadafi, M. (2016). Pengaruh harga, celebrity endorser, kepercayaan, dan psikologi terhadap keputusan pembelian online shop di media sosial Instagram. 5(September), 1–8.

Daerah, D. D. I., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2021). Analisis penggunaan sistem keuangan. 2(2), 97–106.

Elston, J. W., T., & James, D. (2017). Pengaruh kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs Traveloka. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1–11.

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online (studi kasus pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Ejournal.stiedewantara.ac.id, X(1).

Lisa Wulandari, N. L., Kusuma Negara, I. M., & Leli Kusuma Dewi, L. G. (2016). Pengaruh kepuasan, kepercayaan, dan harga terhadap loyalitas wisatawan pengguna layanan Booking.com. Jurnal IPTA, 4(2), 88. https://doi.org/10.24843/ipta.2016.v04.i02.p18

Minarto, A. H., Felita, E., & Thio, S. (2021). Kepercayaan dan sikap konsumen terhadap minat pemesanan hotel di Traveloka. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.1-9

Miranti, Y., & Yuliana, Y. (2020). Pengaruh fasilitas kamar terhadap kepuasan tamu menginap di Hotel Pangeran Beach Padang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 12(01), 42. https://doi.org/10.24036/jpk/vol12-iss01/751

Nonik Ismayanti, N. W., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2015). Pengaruh kepercayaan dan e-service quality terhadap keputusan pembelian akomodasi di Bali pada situs Booking.com. Jurnal IPTA, 3(2), 56. https://doi.org/10.24843/ipta.2015.v03.i02.p10

Pramudana, K. A. S., & Santika, I. W. (2018). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi harga, dan pemasaran internet terhadap pemesanan ulang online hotel di Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 2247. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i10.p02

Putra, M. A. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa paket tour pada Travel Mahatalla Graha Tour Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(4), 300. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i4.3968

Rahayu, L. P., & Susanti, A. (2022). Pengaruh faktor harga, keamanan, kemudahan, dan kepercayaan terhadap perilaku belanja online di masa pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 538–544. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1279

Sarah, Y., Putri Susanto, K., & Le Tjoe Linggadjaya, R. (2019). Pengaruh kepercayaan dan bauran promosi terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Traveloka. Inet.detik.com

Published

2024-08-13

How to Cite

Haris Ramadhan, & Feri Ferdian. (2024). Pengaruh Harga dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Menggunakan Online Travel Agent di Daima Hotel Padang : Studi Kasus Traveloka. Jurnal Transformasi Bisnis Digital, 1(5), 18–30. https://doi.org/10.61132/jutrabidi.v1i5.308