Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online di Marketplace Shopee

Authors

  • Alfin Muslikhun Institut Teknologi Statistika dan Bisnis (ITESA) Muhammadiyah Semarang
  • Sutopo Sutopo STIE Dharma Putra Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61132/jutrabidi.v1i4.202

Keywords:

Online Customer Rating, Online Customer Review, Price, Free Shipping, Online Purchasing Decision

Abstract

This study aims to analyze the factors that support the increase in online purchasing decisions in the Shopee marketplace. These factors consist of Online Customer Rating, Online Customer Review, Price, and Free Shipping. The population in this study were all Shopee user consumers with an unlimited number. While the sample used was all Shopee user consumers in the Gunungpati area and its surroundings which were calculated using the lemeshow formula and obtained 100 respondents. The results of hypothesis testing state that the four variables (Online Customer Rating, Online Customer Review, Price, and Free Shipping) have an influence on online purchasing decisions in the shopee marketplace both partially and simultaneously. Testing the coefficient of determination produces findings where the variables online customer rating, online customer review, price, free shipping are able to influence online purchasing decisions in the Shopee application by 89.5%. While the remaining 10.5% is influenced by other variables.

 

Keywords : , , , , 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin, M. B. (2024). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang FEB Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 1873-1884.

Al-Farabi, M. R. (2022). Pengaruh Promosi, Gaya Hidup Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Jasa ShopeeFood Pada Aplikasi Shopee. Co-Creation: Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis 1.3, 103-110.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arwana, D. S. (2024). Pengaruh Live Streaming Selling, Diskon, Gratis Ongkir dan Cash on Delivery terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 1129-1144.

Aulia, T. (2023). engaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung. ournal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 58-69.

Banjaŕnahor, A. R. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Dewi, M. S. (2024). Pengaruh Online Consumer Review Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. JEBIMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Managemen dan Akuntansi, 2(3), 230-237.

Fairuz Salsabila, d. (2023). Pengaruh Price Discount, Kemudahan Pembayaran, Dan Self Control Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Aplikasi Shopeefood Di Kota Surabaya Dengan Pendapatan Sebagai Variabel Moderasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3258-3266.

Febrianti, E. a. (2023). Pengaruh Fasilitas, Kemudahan Pembayaran, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Tiket CGV Cinemas (Studi Pada Pelanggan Bioskop CGV Cinemas Plaza Lawu Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, Vol. 5.

Kari, D. (2024, Mei 24). Business of Apps. Retrieved from https://www.businessofapps.com/data/shopee-statistics/

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Principles of Marketing. Edisi 15. Global Edition. Pearson.

Kotler, P., & Keller, L. (2017). Marketing Manajement, 15th Edition New. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Nadia Destovia, d. (2023). Analisis Tentang Perilaku Konsumen Dalam Makanan Menggunakan Shopeefood Di Plaju Palembang . Indo Green Journal, 1(2), 71-76.

Najwah, J. &. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Harga, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 5(2), 1-13.

Naufal, d. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13(1), 23-34.

Oktaviana, P. M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk UMKM Basreng Sultan Bandung. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 5(1), 126-142.

Putra, D. K. (2023). Pengaruh Promosi, Lokasi, Ulasan Produk, Dan Kemudahan Penggunan Aplikasi Terhadap Minat Beli Ulang Di Shopeefood. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), Vol. 2.

Raymond Mcleod, J. (2007). Sistem Informasi Management Jilid Dua, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Shafwah, A. D. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(3), 135-147.

Similarweb. (2023, November 1). Similarweb. (Similarweb) Retrieved November 1, 2023, from https://www.similarweb.com/

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sundari, W. S. (2023). Pengaruh Diskon Harga, Gratis Ongkir, Dan Kemudahan Pembayaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopefood Di Yogyakarta . Jurnal TAMBORA , 1-9.

Tina, E. A. (2024). Pengaruh Promosi, Kemudahan Pengguna, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada ShopeeFood (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 6145-6157.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, F. (2019). Marketing Strategy Principles & Applications. 1st Edition. . Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andy Offset.

Published

2024-06-26

How to Cite

Alfin Muslikhun, & Sutopo Sutopo. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online di Marketplace Shopee. Jurnal Transformasi Bisnis Digital, 1(4), 11–24. https://doi.org/10.61132/jutrabidi.v1i4.202