Pengaruh Promosi, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

(Studi pada Konsumen Gen-Z Kopi Kenangan di Kota Tangerang)

Authors

  • Puji Astuti Universitas Budi Luhur
  • Rina Ayu Vildayanti Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v2i1.467

Keywords:

Brand Image, Product Quality, Promotion, Purchase Decision

Abstract

This study aims to determine the effect of Promotion, Brand Image, and Product Quality on Purchasing Decisions at Gen-Z Kenangan Coffee Consumers in Tangerang City. The sample used was 100 respondents, with Non Probability Sampling technique and Accidental Sampling method. The instrument used is a questionnaire with a Likert Scale. Data processing using IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) version 26. The results showed that the Promotion variable had a significant effect on purchasing decisions, the Brand Image variable had a significant effect on purchasing decisions, and the Product Quality variable had a significant effect on purchasing decisions. In addition, the variables of Promotion, Brand Image, and Product Quality have a simultaneous effect on Gen-Z Consumers of Kopi Kenangan in Tangerang City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andieni, R. A., & Allagan, T. M. P. (2024). Perlindungan indikasi geografis produk biji kopi luwak arabika Indonesia dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi di Amerika Serikat. Bina Hukum Lingkungan, 8(2), 107–135. https://doi.org/10.24970/bhl.v8i2.246

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dewi, P. E., & Putri, D. K. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembelian produk elektronik. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 10(2), 156–170. https://doi.org/10.31006/jbe.v10i2.1204

Fatya, A. C., Ramadhanti, D. U., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare ‘Skintific.’ SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(1), 265–282.

Jenita, N. K. S., Astiti, N. P. Y., & Adhika, I. N. R. (2023). Pengaruh job description, sistem kerja dan pelatihan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Gianyar. Jurnal Emas, 4(1), 81–93. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/6109

Junifanto, I., Agustina, T., & Handoko, Y. (2024). Pengaruh brand image, lifestyle, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian kopi Kenangan di Surabaya. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 2(1), 619–631. https://doi.org/10.32815/jiram.v2i1.48

Kristopher, F., Sam’un, M., Putu, I., Wijaya, E., & Program Studi, Agribisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. (2024). Analisis pengaruh kualitas produk, brand image, dan harga terhadap keputusan pembelian kopi Kenangan Cipayung Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 308–316. https://doi.org/10.5281/zenodo.10516496

Kusuma, S. P., & Ardiansyah, I. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian di e-commerce pada generasi Z. Jurnal Marketing, 15(3), 78–91. https://doi.org/10.1108/jm.v15i3.763

Nasrul Efendi, T., Hapsari Lubis, T. W., & Ginting, S. O. (2023). Pengaruh citra merek, promosi, kualitas pelayan dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi, 28(2), 197–215. https://doi.org/10.24912/je.v28i2.1626

Nugroho, D., & Surya, A. (2024). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan di restoran cepat saji. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(3), 218–230. https://doi.org/10.54321/jeb.v7i3.1200

Prasetya, B., & Saputra, E. (2023). Pengaruh pengalaman belanja online terhadap kepuasan konsumen di marketplace Tokopedia. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 6(4), 112–130. https://doi.org/10.14202/jtb.v6i4.398

Rini, E., & Widodo, A. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk fashion melalui Instagram di kalangan mahasiswa. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 45–60. https://doi.org/10.1136/jmp.v5i1.149

Setiawan, R., & Maulana, F. (2023). Peran e-WOM dalam meningkatkan keputusan pembelian produk kosmetik melalui platform e-commerce. Jurnal Ekonomi Digital, 8(2), 255–270. https://doi.org/10.22441/jed.v8i2.2055

Wijaya, Y., & Kuncoro, A. W. (2024). Pengaruh stres kerja, disiplin kerja, dan kepercayaan karyawan terhadap komitmen organisasi (Studi penelitian pada karyawan PT Brataco Cabang Jakarta Barat). 3(3).

Yassin, F. A., & Vildayanti, R. A. (2023). Pengaruh segmenting, targeting dan positioning terhadap keputusan pembelian: (Studi pada konsumen aplikasi online shop Tokopedia di Jakarta). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(3), 333–349.

Downloads

Published

2025-02-19

How to Cite

Puji Astuti, & Rina Ayu Vildayanti. (2025). Pengaruh Promosi, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian: (Studi pada Konsumen Gen-Z Kopi Kenangan di Kota Tangerang). Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 2(1), 177–193. https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v2i1.467

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.