Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Tingkat Penjualan dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada PT. Bintang Banjar Cemerlang

Authors

  • Irfan Perdana Dinata Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Yulasmi Yulasmi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Yeki Candra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v2i1.476

Keywords:

Location, Price, Product Quality, Purchase Decision, Sales Level

Abstract

This study aims to analyze the effect of price, product quality, and location on sales levels, with purchasing decisions as intervening variables at PT. Bintang Banjar Cemerlang. This study is a Structural Equation Modeling (SEM) model with SmartPLS 3.0 analysis tools. The population and sample of this study are consumers of PT. Bintang Banjar Cemerlang. The results of the study found that there was a significant effect between Price and Purchasing Decisions. There was a significant effect between Product Quality and Purchasing Decisions. There was no significant effect between Location and Purchasing Decisions. There was a significant effect between Price and Sales Level. There was no significant effect between Product Quality and Sales Level. There was no significant effect between Location and Sales Level. There was a significant effect between Purchasing Decisions and Sales Level. Purchasing Decisions were able to mediate Price and Sales Level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alviah, S., Siti, & Firmansyah, A. (2021). Pengaruh lokasi terhadap tingkat penjualan konsumen di minimarket Kopkar Primavera PT Indo American Ceramics (Studi kasus pada Kopkar Primavera PT Indo American Ceramics). Kajian dan Riset Manajemen Profesional, 3(2), 29–42.

Firmansyah, A. (2021). Influence of location, price, and location on sales level of Philips products. 1(1), 26–36.

Harga, Pengaruh, Lokasi, & Persepsi Lokasi, and Terhadap Keputusan. (2019). Pengaruh harga, lokasi dan persepsi lokasi terhadap tingkat penjualan konsumen pada perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Jacob, A. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Mandagie, Y. (2021). Pengaruh daya tarik iklan dan citra produk terhadap tingkat penjualan produk Chitato Chips pada mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2).

Kasinem, K. (2020). Pengaruh kepercayaan dan keputusan pembelian terhadap tingkat penjualan pada hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329.

Mardiansyah, R., Zaini, O. K., & Farradia, Y. (2021). Pengaruh harga terhadap tingkat penjualan pada rumah makan Mang Kabayan Sentul City. Ripaldi Mardiansah, Oktori Kiswati Zaini, dan Yuary Farradia.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2021). Pengaruh harga terhadap tingkat penjualan handphone Nokia dengan citra merek sebagai pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374.

Pradana, A. R. (2022). The influence of price, location, and trust on Shopeefood sales levels (Yogyakarta City consumer study). 4(1), 104–114.

Prijaya, A., & Santoso, T. (2019). Outlet Mini Melts Surabaya. Agora, 7(1). Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8172.

Putri, S. M., Akhmad, I., & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh harga, keputusan pembelian dan kualitas produk terhadap tingkat penjualan pada PT. Lotus Pradipta Mulia Pekanbaru. 2(1), 267–278.

Ranti, & Fitra, J. (2022). Pengaruh harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap tingkat penjualan Santan Kelapa Sun Kara di Kabupaten Kebumen. 4(5), 655–665.

Roselina, M. A., & Niati, A. (2019). Analisis pengaruh harga, keputusan pembelian dan lokasi terhadap tingkat penjualan Elsa Hijab Semarang. Solusi, 17(3), 221–234.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap tingkat penjualan sepeda motor Honda Beat pada CV. LION di Ternate. 6(4).

Triputranto, A. (2020). Pengaruh lokasi terhadap tingkat penjualan transaksi E-Pulsa (Studi kasus di Indomaret Sudirman Tangerang). Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 1.

Ulza, E. (2019). Pengaruh brand image dan word of mouth terhadap tingkat penjualan. 8(1), 59–66.

Yusuf, A. (2020). The effect of location and price on sales levels. 4(2), 272–279.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Irfan Perdana Dinata, Yulasmi Yulasmi, & Yeki Candra. (2025). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Tingkat Penjualan dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada PT. Bintang Banjar Cemerlang. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 2(1), 254–266. https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v2i1.476

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.