Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Memilih Wedding Organizer Wiwit Wedding

Authors

  • Jihan Apriliyani Universitas Panca Sakti
  • Winna Sarikusumaningtyas Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v1i4.341

Keywords:

promotion, social media, word of mouth, purchasing decisions

Abstract

This research was conducted to test the influence of instagram social media promotions and word of mouth on purchasing decisions to choose the Wiwit Wedding wedding organizer. The data collection technique used 60 samples by distributing questionnaires and the data analysis technique was quantitative. The results of this research show that Instagram Social Media Promotion and Word of Mouth have a positive and significant effect on Consumer Purchasing Decisions when choosing Wiwit Wedding Wedding Organizers, both partially and simultaneously. The amount of 77.5% of social media promotion variables and word of mouth can influence consumer purchasing decisions to choose the wedding organizer Wiwit Wedding, while the remaining 22.5% is influenced by other variables not examined by this research.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, K. (2020). Pengaruh promosi melalui media sosial dan word of mouth terhadap keputusan konsumen memilih wedding organizer (Studi pada konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah). Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 1(2), 11–24. https://doi.org/10.57084/jmb.v1i2.453

Ardyani, F. E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Toko Kacang Bogares Ceria.

Dwinugraha, R. C. (n.d.). Analisis pengaruh direct marketing dan social media marketing Instagram terhadap kesadaran merek Shoe Cleaning & Care Candu Bersih.

Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly A.D, Y. S. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111

Hartini, S. (2022). Keputusan pembelian konsumen Kedai Telaga Kopi ditinjau dari store atmosphere dan word of mouth, 5(1).

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih media sosial di Indonesia. Asy Syar’iiyyah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop Shopee di Pekabaru (Survey pada mahasiswa semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.

Juita, A. I., Yolanda, F., Hersa, N., Putri, A. M., & Zaki, H. (2021). INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 2(2), 97–101.

Jurusan, D., Komunikasi, I., Dakwah, F., UIN, K., & Makassar, A. (2015). Strategi promosi periklanan yang efektif. Jurnal Al Kitabah, 2(1), 107–116.

Nempung, T., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala Likert berbasis web. November, 1–8.

Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). Pengaruh promosi media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan jasa Melaka Wedding Organizer Pekanbaru. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/

Pendidikan, S., Rias, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Dosen, S., Tata, P., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2018). Strategi pemasaran tata rias pengantin di Paras Asri Wedding Organizer. 07, 43–48.

Refiyana, A., Manajemen, E. V.-J. I., & 2024. Uji asumsi klasik dalam regresi linier pada perhitungan menggunakan laporan keuangan di sektor telekomunikasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnalistiqomah.Org, 1(Februari), 107–118. http://jurnalistiqomah.org/index.php/jimea/article/view/676

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cetakan 26). Alfabeta.

Weenas, J. R. S., Produk, K., Produk, K., Dan, P., Pelayanan, K., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed Comforta. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta, 1(4), 607–618.

Published

2024-09-12

How to Cite

Jihan Apriliyani, & Winna Sarikusumaningtyas. (2024). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Memilih Wedding Organizer Wiwit Wedding. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 1(4), 20–39. https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v1i4.341