Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Wingstop Margonda Depok
DOI:
https://doi.org/10.61132/jubikin.v2i3.887Keywords:
Fast Food, Product Quality, Purchasing Decision, Service Quality, WingstopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Wingstop Margonda Depok. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah meningkatnya persaingan di industri kuliner, khususnya restoran cepat saji, yang menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan guna mempertahankan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Wingstop Margonda Depok sebanyak 177 orang, dan jumlah sampel sebanyak 122 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan Wingstop, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian konsumen.
Downloads
References
Arfah, M. (2022). Perilaku konsumen dan keputusan pembelian di era digital. Bandung: Alfabeta.
Baihaky, A. (2022). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian Tokkebi Snacks Malang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2), 45–56.
Dalilah, R., & Prawoto, M. (2023). Dimensi kualitas produk dalam perspektif konsumen. Jurnal Ekonomi Modern, 15(1), 77–89. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i1.597
Firdayanti, A., & Oktafani, D. (2023). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Pemasaran Nusantara, 8(3), 221–233.
Indrasari, D. (2020). Kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Yogyakarta: Deepublish.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.
Manoy, J. (2021). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV. Ake Maumbi. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 9(1), 31–40.
Napitu, R. (2022). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di Toko Miyukie Florist. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 6(4), 102–112.
Nursyamsi, L., et al. (2024). Faktor penentu mutu produk di industri makanan. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 12(2), 155–166.
Oktrichaendy, R. (2022). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian Lost In Coffee Semarang. Jurnal Pemasaran Indonesia, 7(3), 188–196. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34971
Panggabean, R. (2023). Analisis kualitas layanan pada industri makanan cepat saji. Jurnal Ekonomi Terapan, 11(1), 67–78.
Priadana, M. (2021). Metode penelitian kuantitatif aplikatif. Bandung: CV Alfabeta.
Setyaningsih, E., & Saryanti, R. (2024). Indikator kualitas produk dalam perspektif konsumen modern. Jurnal Ilmu Manajemen Kontemporer, 15(1), 25–38.
Sari, F., & Putriana, R. (2025). Teknik sampling dalam penelitian manajemen. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(2), 98–108.
Tjiptono, F. (2020). Service management: Mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis Kreatif dan Inovatif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.