Struktur Modal dan Nilai Perusahaan Serta Dampak Mediasi Profitabilitas Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia 2020-2022

Authors

  • Deva Adalia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Y. Djoko Sukoco Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/jubid.v1i3.251

Keywords:

capital structure, profitability, company value

Abstract

This research seeks to examine the influence of capital structure on the valuation of food and beverage companies within the sub-sector that are listed on the Indonesia Stock Exchange during the time frame of 2020-2022, with the inclusion of profitability as a mediating factor. Employing a quantitative approach, the study utilizes a purposive sampling method to select 29 samples from a population of 42 food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The analysis of hypotheses is conducted through simple linear regression, multiple linear regression, and the sable test. The results of the study indicate that capital structure positively impacts profitability, influences company value in a negative manner, profitability does not directly affect company value, and profitability does not act as a mediator in the relationship between capital structure and company value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, G. Z., dan Sinta, I. (2019). Struktur Modal dan Ukuran Perushaaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2017. Jurnal Medikonis STIE Taman Siswa Banjarnegara., Vol.19, 2019.

Amelia, R. W., dan Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Return On Asset dan Return On Equity terhadap Debt to Equity Ratio pada PT Kalbe Farma, Tbk. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 112.

Anggraini, D., dan Siska, A. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Management & Accounting Expose., Vol.2, pp.1-9.

Arifin, A. H. (2021). Pengaruh Struktur Modal terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia. SEIKO: Jurnal of Management & Business., Vol.4 Issue 2 (2021)

Asyorori, M., dan Andani, W. (2023). Analisis Regresi Variabel Mediasi dengan Metode Kausal Step. Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya., Vol.12 (1), 2023.

Dhinata, R., dan Krisnando. (2020). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Repository STEI Indonesia.

Farida, N. A. (2020). Pengaruh Modal Usaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Unggulan di Kota Kediri. Theses, IAIN Kediri.

Fauziyah, L., dan Yuliana, I. (2022). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi (MEKA), 3 (1), 320-326.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Indriani, N. A., Anggriani, S., dan Eriswanto, E. (2020). Pengaruh Utang Jangka Panjang Terhadap Return On Investment pada PT.KALBE FARMA,Tbk. Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT), 1(2).

Indriani, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya: Scopindo.

Jamaluddin. (2023). Credit Analyst (edisi pertama). Penerbit Wawasan Imu, Purwokerto.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan (edisi pertama). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Krismeniary . (2020). Pengaruh Fee Audit dan Proffesionalisme Terhadap Kualitas Audit dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi. Skripsi Thesis, STIEI.

Munawaroh., Yuniarti, D., dan Hayati, M. N. (2015). Analisis Regresi Variabel Mediasi dengan Metode Kausal Step. Jurnal EKSPONENSIAL. Vol. 6 (2).

Nurlela., dan Dimyati, L. (2021). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 Tahun 2018-2019. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 3 (3), 119-128.

Nurmatias, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal JDM, Vol.2 (2).

Oktaeni, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Utang, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Repository STIE Indonesia Jakarta.

Oktaviani,. Rosmaniar,. dan Hadi. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Balance: Vol. XVI (Issue 1).

Santosa, N., Dorkas, R., dan Martono, S. (2022). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 10 (2), 315-328.

Sekaran, U,. dan Bougie, R. (2016). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Membangun Keterampilan (edisi ketujuh). Wiley & Sons, Sussex Barat.

Sembiring, S., dan Trisnawati, I. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol.21 (1a-2), 2019.

Tumangkeng, F., dan Mildawati, T. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Wijaya, T., dan Viriany. (2021). Faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel moderasi. Jurnal Ekonomi, Spesial Issue, 395-414.

Wulandari, C. D., dan Damayanti, T. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2 (1), 01-18.

Yanti., I Gusti., dan Darmayanti. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan dan Minuman. E-Jurnal Manajemen UNUd, 8 (4), 2019.

Zuraida, I. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Balance Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol.4 (1).

Published

2024-07-18

How to Cite

Deva Adalia, & Y. Djoko Sukoco. (2024). Struktur Modal dan Nilai Perusahaan Serta Dampak Mediasi Profitabilitas Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia 2020-2022. Jurnal Bisnis Inovatif Dan Digital, 1(3), 121–133. https://doi.org/10.61132/jubid.v1i3.251