Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Variasi Produk terhadap Loyalitas Konsumen di Kaki Empat Petcare Kediri
DOI:
https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v2i4.914Keywords:
Consumers, Location, Loyalty, Product Variety, Service QualityAbstract
This study aims to determine the effect of the independent variables Location, Service Quality, and Product Variety—on the dependent variable, namely Customer Loyalty, at Kakiempat Petcare Kaliombo, Kediri City. This research applies a quantitative method, utilizing multiple linear regression analysis with the aid of SPSS 26 software. The sampling technique employed was incidental sampling. Based on the results, it can be concluded that Location has a partial and positive influence on Customer Loyalty. Service Quality has a partial and positive influence on Customer Loyalty. Product Variety also has a partial and positive influence on Customer Loyalty. Furthermore, Location, Service Quality, and Product Variety simultaneously have a positive and significant effect on Customer Loyalty. It is expected that through this research, Kakiempat Petcare Kaliombo, Kediri City, can maintain its strategic and easily accessible location, continuously uphold high service quality, and regularly update product variations in line with market trends, so that customers feel they have many choices and are encouraged to make repeat purchases.
Downloads
References
Andika, S., & Purnamasari, P. (2024). Pengaruh variasi produk, promosi dan harga terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada pelanggan Kentucky Fried Chicken di Kab. Bekasi). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2). https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4189
Ariandi, M. Z. (2018). Pengaruh lokasi dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Restoran Garuda Medan [Skripsi, Universitas Sumatera Utara].
Ariffah, H. (2023). Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen produk skincare X di Kota Semarang [Skripsi, Universitas Negeri Semarang].
Arini, Y. T., Kusuma, K. A., & Hariasih, M. (2025). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret Fresh Raya Jati Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1160–1180. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5136
Dewi, N. (2020). Jurusan Manajemen konsentrasi Manajemen Pemasaran [Laporan penelitian].
Harnika. (2017). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen (studi kasus di Makyung Cafe Medan) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara].
Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (2019). Pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171–177. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78
Jayani, K. (2020). Pengaruh variasi produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan PT. Anto Frozen Food Makmur Abadi di Pasar Anyar Kota Tangerang [Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa].
Khansa, R. S. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada Rockstar Gym (studi kasus cabang Lippo Mall Puri–Jakarta Barat) [Skripsi, Universitas Mercu Buana].
Patimah, E., & Nurfauzan, M. I. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen pada Alfamart Banjaran Kabupaten Majalengka. Jurnal Sains dan Manajemen Unggulan (JSDMU), 2(3). https://doi.org/10.46730/jsdmu.v2i1.35
Purwati, A. A., Siahaan, J. J., & Hamzah, Z. (2019). Analisis pengaruh iklan, harga, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian di Toko Rumah Pekanbaru. Jurnal Kiat Bisnis, 30(1). https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(1).3870
Rukmaningrum, N. A., & Arisinta, O. (2024). Pengaruh manajemen pemasaran, kreativitas, inovasi, dan lokasi terhadap loyalitas konsumen (studi kasus usaha Mie Aigo di Kamal). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 9(2), 925–937. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i2.1863
Saputra, D. A., Murdiyanto, E., & Rahmawati, Z. (2023). Pengaruh cita rasa, citra merek, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada minuman Miksek Nganjuk. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 2(2), 91–107. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.456
Setyowati, W. (2024). Pengaruh customer experience dan customer value terhadap loyalitas pelanggan dimediasi oleh kepuasan pelanggan (studi pada Paw-Paw Petshop) [Skripsi, Universitas Brawijaya].
Subiantoro, B. S. S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada konsumen Gojek di Kota Banjarmasin). At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 27–39. https://doi.org/10.31602/atd.v4i1.2435
Tiong, P. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan PT. Primagum Sejati di Makassar [Skripsi, Universitas Hasanuddin].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis dan Digital

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


