Peran Strategi Pemasaran, Pelayanan dan Kualitas Produk Minyak Kayu Putih Cap Dragon terhadap Minat Beli Masyarakat di Kota Semarang

Authors

  • Yeremia Fransica Wisesa Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Bambang Widjanarko Susilo Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Aftuqa Sholikatur Rohmania Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Wesly Tumbur ML Tobing Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Galuh Aditya Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i2.68

Keywords:

Promotion Strategy, Service, Product Quality

Abstract

This study aims to analyze the influence of the role of promotional strategies, services, and quality of cap eucalyptus oil products on people's buying interest in the city of Semarang. The sample in this study was 100 respondents using Purposive Sampling samples and the data analysis used in this study was a multiple linear regression technique. Empirical results show that Promotion Strategy has a positive effect on product buying interest, Service has a positive effect on product buying interest, Product Quality has a positive effect on product buying interest Together Promotion Strategies, Service, and Product Quality have a positive effect on Buying Interest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelin, N. P., & Astono, A. D. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Produk Kopi Kenangan. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis , 8(2), 2412–2416. https://www.topbrand-award.com,

Fadhila, Munte Sirmas, & Polewangi Daeng Yudi. (2022). Pengaruh Harga, Variasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong Saat Pandemi COVID-19 Di UKM Cap Rumah Adat Minang Medan. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Dan Industri (JITMI), 1(1), 53–68. https://doi.org/10.31289/jitmi.v1i1.1222

Fatha, M. A. Al, Anwar, S. M., & Hasbi, A. R. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Soft Coffee Masamba. Journal of Management & Business, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3742

Fawzi - Haque Grace Marissa, Iskandar Syarief Ahmad, Erlangga Heri, Nurjaya H, & Sunarsi Denok. (2021). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro .

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. http://jrmb.ejournal-feuniat.ney/index.php/JRMB

Gulliando, D., & Shihab, M. S. (2019). The Effect of Product Quality, Price and Promotion on the Purchase Decision of Telkomsel Service Products. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(9). www.ijisrt.com419

Hakim, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Kota Malang (Studi Kasus Pada Bisnis Pemain dan Pecinta Sepak Bola). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1449–1458.

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Hidayat, M. A. M. (2023). Pengaruh Iklan dan Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen. Maliki Interdisciplinary Journal (MIJ) EISSN, 1(3), 98–105. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/index

Hiola, R. (2022). Efek Interaksi Pemanfaatan Media Promosi Pada Strategi Digital Marketing dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen. PARADOKS Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(4).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management.

Kotler, Philip. (2009). Marketing management (13 Canadian Edition). Pearson Canada.

Nafadilla, & Syahriza, R. (2022). Peran Pelayanan dan Produk Bagi Minat Masyarakat Dalam Mengakses Asuransi Termlife di Organisasi Sunlife Cabang Kapten Jumhana. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(3).

Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Jurnal Raudhah, 05(2), 1–9.

Naufaldi, F., & Rohman, Z. I. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Dewantara, 6(1), 53–60. http://jurnal.ustjogja.ac.id

Nulufi Kris, & Murwartiningsih. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2), 129–141. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj

Nur Atika, S., Absari Indah Pratiwi, R., studi Manajemen, P., Ekonomi, F., & Maritim Raja Ali Haji, U. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Pembelian Produk Pada UMKM Toapaya Hidroponik. Student Online Journal, 3(1), 487–494.

Permatasari, A. M. (2017). Pengaruh Perception Of Green Product Brand Personality, Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli (Studi Empiris yang Dilakukan Pada Konsumen Produk Naava Green Cabang Yogyakarta).

Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS (Priyatno, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Gava Media.

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Rizky, F. M., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(2), 135–143.

Sadewa, H. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang. http://www.fisip.undip.ac.id

Sari, B., & Mahanani, E. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Telon Lang (Survei Event CSR PT. Eagle Indo Pharma). Jurnal STEI Ekonomi, 26(2), 296–316.

Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.

Setyosari Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.

Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15–25. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465

Sudradjat, S. E. (2020). Minyak Kayu Putih, Obat Alami dengan Banyak Khasiat: Tinjauan Sistematik. Jurnal Kedokteran Meditek, 26(2). https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v26i2.1843

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (10th ed.). ALFABETA.CV.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D (Sugiyono, Ed.; 19th ed.). CV ALFABETA.

Susilo, H., Haryono, T. A., & W Mukery Moh. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Interverning di Hotel Amanda Hills Bandungan.

Zailani, A. (2022). Hubungan Efektivitas Iklan Televisi dan Citra Merek Kopi “White Coffee” Pada Minat Beli Masyarakat Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar. Journal Economina, 1(2). ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina

Published

2024-04-26

How to Cite

Yeremia Fransica Wisesa, Bambang Widjanarko Susilo, Aftuqa Sholikatur Rohmania, Wesly Tumbur ML Tobing, & Galuh Aditya. (2024). Peran Strategi Pemasaran, Pelayanan dan Kualitas Produk Minyak Kayu Putih Cap Dragon terhadap Minat Beli Masyarakat di Kota Semarang. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi, 1(2), 01–11. https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i2.68