Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i3.274Keywords:
Brand Image, Product Quality, Purchasing Decisions, Eiger, Surabaya City.Abstract
This research aims to analyze brand image and product quality on purchasing decisions for Eiger products in the city of Surabaya. This research uses quantitative methods with questionnaire distribution techniques. Data was collected from respondents in the city of Surabaya, obtaining 75 respondents who purchased Eiger products. The results of the analysis carried out using SPSS in the t test show that brand image influences purchasing decisions with a t-value of 3,642 > ttable 1.9929 with a significance of 0.001 < 0.05 and product quality influences purchasing decisions with a t-count of 4,762 > ttable 1.9929 with a significance of 0.000 < 0.05. Meanwhile, the results of the f test show that brand image and product quality have a simultaneous influence on purchasing decisions with the calculated F value of 95.935 > F table 3.9739 with a significance of 0.000 < 0.05, which means that the brand image and product quality variables influence purchasing decisions. The findings of this research indicate that brand image and product quality are important factors that Eiger products need to consider in developing their marketing strategy.
Downloads
References
Angelia, F. G. N., & dkk. (2021). Pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan membeli pada konsumen Shopee (Studi kasus pada mahasiswa perbankan dan keuangan Politeknik Negeri Medan). Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politeknik Negeri Medan.
Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada minimarket Amarta Mlilir Jl. Ponorogo Madiun (Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo).
Budi, F. S., & Khuzaini, K. (2019). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk Eiger (Pada mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM).
Darmawan, A. (2023). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Erigo apparel (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Farida, N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Shopee di kalangan mahasiswa Kota Batam. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam, Batam.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan. Deepublish.
Fiali, F., Jamaluddin, J., Pranoto, A., & Saputra, H. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan merek Aqua. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS.
Guntara, S. P. (2021). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian seragam futsal pada Toko Focus Konveksi di Pekanbaru. Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Hurriyati, R. (2018). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.
Indrianto, A. P. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek Ades di Yogyakarta. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip marketing edisi ke tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 bergerak dari tradisional ke digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lenggang Kurnia Intan Devi. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (Studi kasus pada mahasiswa di Surabaya). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh citra merek, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga merek Adidas (Studi di Kota Semarang).
Puirih, K., Mananeke, L., & Lengkong, V. P. (2020). Fenomena keputusan pembelian dan penggunaan media sosial terhadap kepuasan konsumen Tokopedia di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan atas keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan.
Putri, G. E. (2021). Faktor-faktor mempengaruhi keputusan pembelian produk fashion secara online melalui e-commerce. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana.
Sugiyono. (2019). Metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyoto, I. (2020). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pakaian H&M di Mall Kelapa Gading (Skripsi, Universitas Islam Riau).
Wahyuningsih. (2020). Pengaruh promosi, minat beli dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Shopee (Studi pada pengguna aplikasi Shopee di Kota Semarang). Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang, Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.