Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek Aguen
DOI:
https://doi.org/10.61132/jumaket.v2i4.1035Keywords:
Bottled Drinking Water, Price, Promotional Packaging, Purchase Decision, SPSSAbstract
This study aims to determine the effect of price and promotion on purchasing decisions for Aguen brand Bottled Drinking Water (AMDK). The method used is quantitative descriptive research with SPSS 26 analysis of 96 respondents. The results of the study indicate that the price variable (X1) has a significant effect on purchasing decisions (Y), with a calculated t value of 9.360 and significance (0.00<0.05). Likewise, the promotion variable (X2) has a significant effect on purchasing decisions (Y) with a calculated t value of 6.085 and significance (0.00<0.05). Simultaneously, price (X1) and promotion (X2) also have a significant effect on purchasing decisions (Y), with a calculated F value of 107.470 and significance (0.00<0.05). The coefficient of determination (R²) value of 0.698 indicates that 69.8% of the variation in purchasing decisions can be explained by price and promotion factors, while the remaining 30.2% is influenced by other factors not examined in this study.
Downloads
References
Adelia Ananda Putri, Elok Fadinda, Saefi Anissaturrohmah, Zalfa Qonita, & Naerul Edwin Kiky Aprianto. (2024). Peranan Kekuatan Pasar dalam Penetapan Harga dan Kemajuan Teknologi. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 323-339. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v4i1.3552
Al-Habsyi, Z., Meilani, T., Azizah, W., Rahmadanti, E., Hardinah, S., & Rahmadi, Z. T. (2025). Pendampingan Penetapan Harga Jual Produk Dengan Pemilihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan Sebagai Dasar Penentuan Pada UMKM Makanan di Daerah Setu Babakan. Journal Puan Indonesia, 6(2), 633-640. https://doi.org/10.37296/jpi.v6i2.202
Arini, D. P., & Prabowo, A. (2025). Analisis Customer Experience Dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pasien Berkunjung Kembali Pada Klinik Alternatif Akupuntur Serumpun Bambu. ANALISIS, 15(02), 310-328. https://doi.org/10.37478/als.v15i02.6497
Basir, B., Hakim, I., Al Furqan, F., Marihi, L. O., Budi, W., Kunci, K., Keuangan, M., & Digitalisasi, U. (2025). Pendampingan UMKM Dalam Pengembangan Produk dan Branding Untuk Peningkatan Daya Saing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4, 5089-5098. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.2307
Dari, R. W., & Fitri, A. (2025). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Muslimah. Journal of Islamic Economics, Banking, and Social Finance, 1(1), 55-73. https://doi.org/10.61111/jiebsf.v1i1.795
Emilia Kurniawati, & Sulastri Rini Rindrayani. (2025). Pendekatan Kuantitatif dengan Penelitian Survei: Studi Kasus dan Implikasinya. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 3(1), 65-69. https://doi.org/10.62383/sosial.v3i1.596
Fitrianingsih, A., Bachri, S., Muzakir, & Farid. (2025). Pengaruh content marketing dan electronic word of mouth (E-WoM) terhadap purchase decision produk Skin1004 yang dimediasi oleh fear of missing out (FoMO) (studi kasus pada Gen Z di Kota Palu). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 167-187. https://doi.org/10.37631/ebisma.v6i1.1830
Herawati, N., & Brotojoyo, E. (2025). Strategi Keputusan Pembelian melalui Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan dan Lokasi dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. ProBank, 10(1), 30-46. https://doi.org/10.36587/probank.v10i1.1948
Jaya Erry Parulian, Y. S., & Nilasari, I. (2025). Pengaruh Citra Merek, Fitur Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Club Di Kota Bandung. JIMEA (Jurnal Imiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 9(3), 578-593. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6218
Lusno, M. F. D., & Khalistasari, L. Y. (2025). Analisis Praktik Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga di Indonesia Berdasarkan Tradisi dan Tantangan Akses Air Aman. Jurnal Penelitian Inovatif, 5(2), 2029-2036. https://doi.org/10.54082/jupin.1432
Mahendra, Y., & Prastian, A. N. (2025). Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Penjualan pada Perusahaan Konveksi I'nine. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5(4), 89-109. https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i4.2956
Mukarommah, N., Gustina, T., Debi Yani, E. U., & Martoyo. (2025). Manajemen Pemasaran dan Promosi Bisnis. Education Journal, 4(2), 24-37.
Muliang, A. A., Mail, A., Saputra, I., Fole, A., & Hafid, M. F. (2025). Meningkatkan Profitabilitas di Industri Air Minum Dalam Kemasan melalui Optimasi Produksi: Pendekatan Linear Programming di CV. SJG. JIEI (Journal Of Industrial Engineering Innovation), 3(2), 44-50. https://doi.org/10.58227/jiei.v3i02.135
Pratiwi, L., & Putri, R. (2025). Pengaruh Biaya Produksi Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Petani Menurut Perspektif Ekonomi Islam(Studi Pada Petani Kakao Desa Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur). In Jurnal Keuangan dan Manajemen Terapan, 6(2). https://ejurnals.com/ojs/index.php/jkmt
Putri Isnaini, C. (2024). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Aparat Pengawasan Intern Pemerintah pada Inspektorat Kabupaten Aceh Barat. https://doi.org/10.5281/zenodo.14749086
Putri, D. S., & Dwi Susilowati, F. (2025). Asy-Syarikah Pengaruh Streamer Product Knowledge, Streamer Appearance. Asy-Syarikah, 7(1), 100-116. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v7i1.3547
Rachman, P. N., Antu, Y., Gintulangi, S. O., Bina, U., & Gorontalo, T. (2025). Penggunaan Sosial Media Advertising Dalam Meningkatkan Penjualan di XOFF Store Gorontalo. JAMBURA (Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis), 8(2), 593-599. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB https://doi.org/10.37479/jimb.v8i2.34413
Ramdhani, H., & Prastian, A. N. (2025). Analisis Strategi Bauran Promosi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Produk Perusahaan Mikcout Project. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5(4), 122-134. https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i4.2957
Sari, I. A. K. T. P., Putri, P. A. D. W., & Widyari, N. Y. A. (2025). Promosi adalah salah satu pendekatan pemasaran yang bertujuan untuk menarik perhatian. EMAS, 6(6), 1403-1412. https://doi.org/10.36733/emas.v6i6.11656 https://doi.org/10.36733/emas.v6i6.11656
Setiawardhani, W. O. (2025). Peran Packaging Dalam Strategi Marketing Bagi Daya Tarik Beli Konsumen (Studi Kasus Air Mineral UMTQU). KOMUNIKATA57 (Jurnal Ilmu Komunikasi), 6(1), 153-162. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1717 https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1888
Soetiyono, A., & Alexander, A. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Marketplace di Indonesia. ECo-Buss, 7(3), 2055-2071. https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2148 https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2148
Vanessa Vicario, Immanuel Edy Suranta Sebayang, & Elcy Handayani Pramita. (2025a). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Loyalitas Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk melalui Pelayanan Konseling. MAMEN: Jurnal Manajemen, 4(3), 601-616. https://doi.org/10.55123/mamen.v4i3.6113 https://doi.org/10.55123/mamen.v4i3.6113
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


