Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha

Authors

  • Rini Mutianisa Universitas Sahid Surakarta
  • Rusnandari Retno Cahyani Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/jukerdi.v1i2.71

Keywords:

Business location, Business, success

Abstract

The research objective is to analyze the effect of business location selection. The type of research used in this research is a type of library research, namely research conducted using literature, both in the form of books, notes, and reports on previous research results using references, where the data sources are taken from google scholar. The approach used in this research is a qualitative approach with domain data analysis, namely the researcher's efforts to obtain an overview of the data to answer the research focus. Business location on the trader's income variable includes a negative correlation and insignificant relationship. This shows that a strategically chosen location is unlikely to generate more income. Factors to consider in choosing a location, although there are several influential factors, are the proximity to the market (consumers). This location can be seen: 1) The business environment, namely regarding the proximity of the business location to other businesses / competitors, proximity to consumers, proximity to suppliers, and proximity to providers of production equipment / equipment. 2) Location costs, namely regarding building rental prices, whether or not there are renovation costs, interest rates, labor costs, and the amount of taxes. Based on the results of the study, several conclusions can be drawn, namely that business location has a significant influence on business location.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Aziz. 2020. “Teknik Analisis Data Analisis Data.” Teknik Analisis Data Analisis Data 1–15.

Agustina, Ayu. 2021. “Hubungan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Terhadap Pedagang Pakaian Pasar Aceh Di Kota Banda Aceh).” Jurnal Ekonomi Bisnis.

Al Hamid, Deisya Maulida, Nelson Rumui, Siti Kurnia, and Wa Mutia. 2022. “Analisis Perbandingan Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Penjualan Pada Pasar Kelapa Dua Dan Pasar Thumburuni Fakfak.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 2(1):171–81. doi: 10.46306/vls.v2i1.86.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aji, Andri Waskita, and Sela Putri Listyaningrum. 2021. “Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Dan Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Bantul.” JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia) 6(1):87–102. doi: 10.32528/jiai.v6i1.5067.

Artaman. Dewa Made Aris, Ni Nyoman Yuliarmi dan I Ketut Djayastra. "Analisis Faktor– Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar." EJurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.02 (2015) : 87-105

Asrori, Ahmad. 2019. “Pengaruh Modal, Lokasi, Dan Permintaan Di Hari Raya Idul Fitri Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Rakyat Winong.” Skripsi Jurusan Ekonomi Islam Universitas Ilslam Negeri Walisongo 2019 212:1–156.

Aulia Inderianti, Ravisca, Hardiani Hardiani, and Rosmeli Rosmeli. 2020. “Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kota Jambi (Studi Kasus Warung Manisan Kecamatan Telanaipura).” E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah 9(3):109–18. doi: 10.22437/pdpd.v9i3.12485.

Calista, Nidya. 2018. "Pengaruh Lokasi, Modal Usaha, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Cinde." Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Uin Raden Fatah Palembang 128

Fadhlani. 2017. “Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Monza Di Pasar Simalingkar Medan.” Visioner & Strategis 6(Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan):111–26.

Hamsiah, Hamsiah, Musriani Musriani, Tasrim Tasrim, Astri Jayanti, and Dewi Nur Kholida. 2023. “Pengaruh Modal Usaha Dan Lokasi Terhadap Pendapatan Ddengan Lama Usaha Sebagai Variabel Intervening Pada Pasar Warmon Kabupaten Sorong.” REMB: Research Economics Management and Business 1(1):37–45.

Ifrina Nuritha, Saiful Bukhori, Windi Eka Yulia Retnani, 2013. Identifikasi Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Minimarket Waralaba di Kabupaten Jember dengan Sistem Informasi Geografis. JURNAL SAINSTEK UNEJ 2013, I (1): 825-835.

Losch, August. 1954. Economic of Location. John Wiley & Sons, Inc. New York

Nadya Nur Novalita. 2019. “Pengaruh Lokasi Usaha, Modal, Jam Kerja Dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Di Sekitar Stasiun Tanah Abang, Tebet Dan Jakarta Kota.” 1–23.

Nafisah, Wardatun. 2023. “Pengaruh Lokasi Usaha Dan Eksistensi Pertamini Terhadap Pendapatan Pedagang Bensin Botolan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso” Skripsi : hlm 91

Ni Made Dwi Maharani, I Made Jember, 2016. Pengaruh Modal Sendiri dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tabanan (Modal Pinjaman sebagai Variabel Intervening)

Nurjanana, Jiuhardi, Adi Wijaya, Andriawan Kustiawan, and Erwin Kurniawan A. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang.” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntasi 25(2):342–57.

Nurul Indarti. 2004. Business Location and Success:The Case of Internet Café Business in Indonesia. Gajah Mada International Journal of Business vol. 6, No. 2, pp. 171-192

Pratama, Aditya Septian. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Setelah Relokasi Di Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang.

Putri, Ni Made Dwi Maharani, and I. Made Jember. 2016. “Pengaruh Modal Sendiri Dan Lokasi Usaha Terhadap UMKM Di Kabupaten Tabanan (Modal Pinjaman Sebagai Intervening).” Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan 9(2):142–50.

Rbayulia. 2013. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Tingkat Penjualan Pada Usaha Jasa Mikro-Kecil (Studi Kasus: Sekitar Kampus Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta.

Rosita, Ade Tati. 2021. “Pengaruh Faktor Modal, Lokasi Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang.” Skripsi.

Saraswati, Yunita. 2020." Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Produk Tabungan Rakyat Terhadap Minat Konsumen Di Bpr Klaten Sejahtera." Skripsi hlm 12

Setiaji, Khasan, and Ana Listia Fatuniah. 2018. “Pengaruh Modal, Lama Usaha Dan Lokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 6(1):1–14. doi: 10.21009/jpeb.006.1.1.

Suhartika. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Di Pasar Antang Kelurahan Bitoa Kecamatan Manggala Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2018, 2013–15.

Sundari. 2017. " Pengaruh Lokasi Usaha Dan Jam Kerja Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Dalam Perspektif Ekonomi Islam" Skripsi jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung:121

Tissa, Rifqi Khoirunnisa. 2017. " Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Jam Kerja dan Jumlah Karyawan Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Bendungan Kabupaten Kulon Progo Skripsi jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta:81

Wahyudi, N. dan Heriyanto, A.E, 2014. Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha Jasa Mikro Di Kecamatan Sungai Kunjang. Jurnal Ekonomi Universitas Samarinda.

Zuliarni, S. dan Hidayat, T.R, 2013. Analisis Faktor Pertimbangan Pebisnis Restoran Kelas Kecil Di Lingkungan Kampus Universitas Riau Dalam Pemilihan Lokasi Usaha. Jurnal Aplikasi Bisnis,3 (2), 107-100.

Published

2024-04-29

How to Cite

Rini Mutianisa, & Rusnandari Retno Cahyani. (2024). Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha . Jurnal Kewirausahaan Cerdas Dan Digital, 1(2), 10–17. https://doi.org/10.61132/jukerdi.v1i2.71